Kamis, 21 Mei 2015

Busur Nabi Muhammad n yang Bernama "Al-Katum", dan Sekelumit Tentang Bahan ‎Pembuatannya


Seri Kesenian dan Persenjataan Kuno:

Ibnul 'Asakir menyebutkan riwayat tentang busur Nabi Muhammad yang bernama Al-Katum di dalam kitab Tarikh Madinati Dimasyq (Sejarah Kota Damascus) 4/216:

Artinya:
"Ibnu Abi Sabroh berkata dari Marwan bin Abi Sa'id dia berkata: Nabi mempunyai busur yang dinamai Al-Katum terbuat dari kayu pohon nabe' (النَّبْعُ), patah ketika perang Uhud dan dipungut oleh Qotadah bin An-Nu'man."
Ibnul Qoyyim menyebutkannya juga di dalam kitab Al-Furusiyyah Al-Muhammadiyyah 78:
فقال ابن إسحاق في المغازي : "حدثني عاصم بن عمر بن قتادة : أن رسول الله n رمى عن قوسه يوم أحد حتى اندفت سيتها، فأخذها قتادة بن النعمان، فكانت عنده."
Artinya:
"Ibnu Ishaq telah berkata di dalam kitab Al Maghozy: "'Ashim bin 'Umar bin Qotadah telah bercerita kepadaku: Bahwa Rasulullah n telah memanah dengan busur beliau pada perang Uhud hingga patah siyahnya, lalu Qotadah memungutnya, maka sejak saat itu ia ada bersamanya."


Keterangan:

  1. Dinamakan al-katum karena tidak terlalu bersuara ketika digunakan untuk  memanah. (lihat catatan kaki kitab Tarikh Damascus) 
  2. Pohon nabe' (النَبْعُ) adalah pohon yang tumbuh di puncak gunung, tidak bisa digunakan untuk membuat api, darinya dibuat busur, dan dari dahan-dahannya dibuat anak panah. Ada sebuah paribahasa Arab:

"Seandainya fulan memantik api dengan nabe' sungguh dia akan mampu memperlihatkan api."  

Maksudnya: orang yang disifati dengan pemikiran yang bagus dan mahir dalam berbagai perkara.



Nabe' ada 3 jenis, sebagaimana yang dikatakan oleh Al Mubarrid, tergantung tempat tumbuhnya dan kebagusan tanahnya; yang tumbuh di puncak gunung dinamakan nabe', yang tumbuh di lerengnya dinamakan syaryan, dan yang tumbuh di kaki gunung dinamakan syauhath, dan ketiga jenis bisa digunakan sebagai bahan busur panah, namun nabe' tetap yang terbaik kualitasnya.
(Kamus Lisanul 'Arab)

Berikut ini adalah video tentang lebah yang juga memperlihatkan gambar pohon nabe':



Berbagai gambar pohon syaukhath:









3.    Ibnul Atsir berkata: "Siyah busur adalah bagian ujungnya yang dibengkokkan, ada dua siyah dalam satu busur, bentuk pluralnya adalah siyat." (lihat catatan kaki kitab Al-Furusiyyah)



 *****

4 komentar:

  1. assalamu alaikum
    mas, dimana saya bisa membeli kitab al-furusiyyah karya Ibnu Qayyim?

    BalasHapus
  2. Kitab al furusiyah ada banyak di toko2 kitab, khusus nya Daerah jakarta,, untuk info lebih lanjut boleh kontek sy pak.. Nnti sy bantu, atau mungkin admin punya kitab nya.. Baarokallahu fik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kitab furusiyahnya ada yg berbahasa indo?
      saya mau dong, bisa minta kontaknya Kang?

      ini wa saya 085241782228

      Hapus
  3. Kalo ada yg terjemah, saya juga mau pak.
    Mohon diinfo wa saya 0811309045...
    Syukron....

    BalasHapus